Neraca Saldo – Pengertian Fungsi, Bentuk dan Penyusunannya

Kali ini rumus.co.id akan membahas beberapa materi yang sangat menarik, yang menyangkut anggaran tes, kami akan menggambarkannya secara rinci dan lengkap, mulai dari pemahaman tentang anggaran tes, fungsi, bentuk, persiapan dan contoh-contohnya.

Pengertian Neraca Saldo

Neraca adalah buku yang memiliki isi daftar yang menjelaskan pengumpulan saldo yang berasal dari data yang dipegang oleh masing-masing akun pihak yang berkepentingan.

Anggaran ujian biasanya memiliki beberapa kolom utama yang digunakan untuk melakukan pengumpulan data. Kolom-kolom ini termasuk:

  • Kolom anggaran itu sendiri
  • Kolom biaya produksi
  • Kolom memperkirakan besarnya untung atau rugi suatu transaksi
  • Beli dan jual kolom
  • Neraca keuangan
  • Neraca keuangan

Neraca uji coba biasanya dikeluarkan pada akhir periode untuk digunakan sebagai bahan evaluasi. Hal ini karena keseimbangan ini akan menunjukkan stabilitas ekonomi yang dicapai melalui kegiatan ekonomi yang dilakukan selama proses perusahaan.

Fungsi anggaran

Saldo uji yang berfungsi sebagai elemen evaluasi karena menyajikan daftar ringkasan saldo akun yang berasal dari buku besar memiliki fungsi-fungsi berikut:

  1. Fungsi persiapan
    Anggaran audit memiliki fungsi untuk mempersiapkan persiapan anggaran akhir perusahaan, baik barang maupun jasa.
  2. Fungsi registrasi
    Fungsi registrasi adalah fungsi utama dari penerapan ilmu akuntansi dalam menyajikan data kepada perusahaan baik untuk perusahaan barang maupun jasa. Setiap akun data akan dibuat dari setiap saldo akun dengan presentasi yang dirangkum.
  3. Fungsi koreksi
    Neraca uji coba adalah laporan keuangan yang berfungsi sebagai bahan evaluasi sebelum dilakukan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan koreksi terhadap semua register dan siklus akuntansi. Inilah yang dimaksud dengan fungsi koreksi anggaran verifikasi.
  4. Fungsi pemantauan
    Neraca yang berisi ringkasan data di setiap akun selain berfungsi karena informasinya juga dapat bertindak sebagai pemantauan keuangan di perusahaan baik perusahaan barang maupun jasa.

Atas dasar fungsi laporan audit yang diuraikan di atas, ada banyak keuntungan / penggunaan neraca pengujian untuk perusahaan jasa dan perusahaan aset, khususnya:

Sebagai ringkasan akun dalam akuntansi umum, neraca verifikasi berguna untuk menyediakan informasi yang valid untuk penyusunan laporan laba rugi, ekuitas pemegang saham, dan neraca.
Seperti namanya dalam anggaran audit bahasa Inggris, neraca saldo berguna untuk memverifikasi saldo jumlah hutang dan kredit dalam akuntansi umum dan menunjukkan keakuratan perhitungan dalam sistem akuntansi yang dilakukan setiap tahun dari operasi perusahaan .

Bentuk anggaran

Bentuk skala tes sangat sederhana, hanya terdiri dari empat kolom yang menyerupai gambar berikut:

Komentar:

Kolom Nomor Akun: kolom ini akan diisi dengan nomor kode akun secara berurutan (tidak acak).
Kolom / deskripsi nama akun: kolom ini akan diisi oleh nama-nama akun di buku perusahaan untuk periode tertentu.
Kolom Debit / Debit: kolom ini akan diisi dengan saldo debet dari setiap akun yang berasal dari buku besar perusahaan tertentu untuk periode tertentu.
Kolom kredit: kolom ini akan diisi dengan saldo kredit setiap akun yang berasal dari buku perusahaan tertentu untuk periode tertentu.

Cara mengatur anggaran

Saldo dalam buku besar bersifat sementara dan membentuk dasar untuk menyiapkan laporan pengujian. Penyusunan neraca saldo umumnya dilakukan pada akhir bulan atau pada akhir periode akuntansi. Persiapan saldo percobaan tergantung pada bentuk akun dalam sebuah buku besar.

Jika buku besar dalam bentuk personel, dimungkinkan untuk menyiapkan anggaran uji dengan memasukkan jumlah saldo yang tersedia di setiap akun dalam buku besar. Jika akun buku besar dalam bentuk clash atau T, saldo masing-masing akun dalam buku besar harus dihitung terlebih dahulu.

Langkah-langkah untuk menyiapkan anggaran tes adalah sebagai berikut:

untuk. Hitung saldo masing-masing akun

Tambahkan sisi debit dan kredit dari akun buku besar, lalu tentukan saldo masing-masing akun.
Transfer saldo setiap akun Stafel berdasarkan posisi hutang dan kredit.

b. Aturlah saldo setiap akun buku besar umum dalam saldo percobaan berdasarkan nomor kode akun dan tingkat likuiditas.

Inilah tadi pembahahasan lengkap tentang materi tentang Neraca Saldo, Semoga Bermanfaat…